Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Kelas 3 SD

//

Mozerla

Pengurangan dengan Meminjam

Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Kelas 3 – Pengurangan dengan meminjam merupakan teknik penting dalam matematika yang membantu kita menyelesaikan soal pengurangan ketika angka yang dikurangi lebih kecil daripada angka pengurang pada salah satu nilai tempatnya. Teknik ini melibatkan “meminjam” nilai dari nilai tempat yang lebih tinggi untuk memperbesar nilai tempat yang lebih rendah, sehingga pengurangan dapat dilakukan.

Isi :

Pengertian Pengurangan dengan Meminjam

Pengurangan dengan meminjam, juga dikenal sebagai pengurangan dengan regrouping, adalah metode yang digunakan untuk menyelesaikan soal pengurangan di mana angka di tempat satuan atau puluhan (atau tempat yang lebih rendah) lebih kecil daripada angka yang akan dikurangi. Kita “meminjam” satu nilai dari tempat nilai yang lebih tinggi untuk menambah nilai tempat yang lebih rendah, sehingga pengurangan menjadi mungkin.

Contoh Soal Cerita Pengurangan dengan Meminjam

Ibu memiliki 32 buah apel. Ia memberikan 15 buah apel kepada tetangganya. Berapa sisa apel yang dimiliki Ibu?

Soal ini memerlukan teknik meminjam karena angka satuan apel yang dimiliki Ibu (2) lebih kecil daripada angka satuan apel yang diberikan (5).

Pengurangan dengan teknik meminjam di kelas 3 mengajarkan kita konsep dasar aljabar sederhana. Konsep meminjam ini, walaupun sederhana, sebenarnya mirip dengan prinsip bunga dalam pinjaman. Bayangkan, jika kita butuh dana tambahan, kita bisa mencari informasi mengenai pinjaman online dengan bunga rendah, seperti yang ditawarkan di Pinjaman Online Bunga Terendah 2020. Memahami perhitungan bunga membantu kita mengaplikasikan konsep meminjam dalam konteks yang lebih luas, sekaligus mengasah kemampuan berhitung kita seperti saat mengerjakan soal pengurangan dengan teknik meminjam di sekolah.

Jadi, pelajarilah dengan baik ya!

Ilustrasi Langkah-Langkah Meminjam

Mari kita ilustrasikan langkah-langkah meminjam dengan contoh soal 32 – 15:

  1. Langkah 1: Kita mulai dari tempat satuan. Karena 2 lebih kecil dari 5, kita perlu meminjam dari tempat puluhan.
  2. Langkah 2: Kita “meminjam” 1 dari angka 3 di tempat puluhan. Angka 3 di tempat puluhan menjadi 2. Angka 1 yang dipinjam ditambahkan ke angka 2 di tempat satuan, menjadi 12.
  3. Langkah 3: Sekarang kita kurangi satuan: 12 – 5 = 7.
  4. Langkah 4: Kemudian kurangi puluhan: 2 – 1 = 1.
  5. Langkah 5: Jadi, hasil pengurangan 32 – 15 adalah 17.

Secara visual, kita dapat menggambarkannya seperti ini: Angka 32 diuraikan menjadi 2 puluhan dan 12 satuan. Kemudian, 15 dikurangkan dari 2 puluhan dan 12 satuan.

Contoh Soal Pengurangan Dua Angka yang Memerlukan Meminjam

Berikut beberapa contoh soal pengurangan dua angka yang memerlukan teknik meminjam:

Soal Jawaban
43 – 28 15
61 – 35 26
72 – 49 23

Perbedaan Pengurangan Tanpa Meminjam dan Pengurangan dengan Meminjam

Perbedaan utama terletak pada apakah angka yang dikurangi pada setiap nilai tempat lebih besar atau lebih kecil daripada angka pengurang. Pada pengurangan tanpa meminjam, angka yang dikurangi selalu lebih besar atau sama dengan angka pengurang pada setiap nilai tempat. Sedangkan pada pengurangan dengan meminjam, angka yang dikurangi lebih kecil daripada angka pengurang pada setidaknya satu nilai tempat, sehingga perlu dilakukan proses meminjam dari nilai tempat yang lebih tinggi.

Langkah-langkah Pengurangan dengan Meminjam

Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Kelas 3

Pengurangan dengan meminjam merupakan teknik penting dalam matematika yang digunakan ketika angka yang akan dikurangi lebih besar daripada angka di tempat nilai yang sama. Teknik ini melibatkan “meminjam” nilai dari tempat nilai yang lebih tinggi untuk menambah nilai tempat yang lebih rendah. Mari kita pelajari langkah-langkahnya dengan contoh-contoh soal.

Pengurangan Dua Angka dengan Meminjam

Pada pengurangan dua angka, meminjam dilakukan ketika angka satuan di angka yang dikurangi lebih kecil daripada angka satuan di pengurang. Kita “meminjam” satu dari angka puluhan.

  1. Identifikasi angka yang perlu meminjam: Periksa apakah angka satuan di angka yang dikurangi lebih kecil dari angka satuan di pengurang. Jika ya, maka perlu meminjam.
  2. Meminjam dari puluhan: Kurangi angka puluhan di angka yang dikurangi sebesar 1 dan tambahkan 10 pada angka satuannya.
  3. Lakukan pengurangan: Kurangi angka satuan dan angka puluhan secara terpisah.

Contoh: 32 – 15

Mempelajari pengurangan dengan teknik meminjam di kelas 3 memang butuh latihan ekstra, ya. Kadang, kita merasa seperti ‘meminjam’ nilai tempat untuk menyelesaikan soal. Konsep ini, walaupun sederhana, menunjukkan pentingnya manajemen angka yang baik, sama halnya dengan mengelola keuangan pribadi. Bayangkan, jika kita butuh dana tambahan, kita perlu mencari pinjaman yang tepat, seperti yang ditawarkan di Pinjaman Yang Bunganya Kecil , agar bebannya tidak terlalu berat.

Begitu pula dengan soal pengurangan, memilih teknik meminjam yang tepat akan mempermudah proses perhitungan dan menghasilkan jawaban yang akurat. Memahami konsep meminjam, baik dalam matematika maupun dalam kehidupan nyata, sangat penting untuk perkembangan kemampuan kita.

Angka Satuan Angka Puluhan Operasi Peminjaman Hasil
2 – 5 (tidak bisa, meminjam 1 dari puluhan) 3 (menjadi 2) 2 menjadi 12; 3 menjadi 2 12 – 5 = 7
2 – 1 1
Hasil Akhir: 17

Pengurangan Tiga Angka dengan Meminjam dari Puluhan

Proses meminjam pada pengurangan tiga angka serupa, tetapi kita mungkin perlu meminjam dari ratusan jika angka puluhan tidak cukup.

Contoh: 234 – 158

Angka Satuan Angka Puluhan Angka Ratusan Operasi Peminjaman Hasil
4 – 8 (tidak bisa) 3 (tidak cukup untuk meminjam, meminjam dari ratusan) 2 (menjadi 1) 3 menjadi 13; 2 menjadi 1 13 – 8 = 5
13 – 5 1 8
1 – 1 0
Hasil Akhir: 76

Pengurangan Tiga Angka dengan Meminjam dari Dua Nilai Tempat

Dalam kasus ini, kita perlu meminjam dari ratusan dan kemudian dari puluhan.

Mempelajari pengurangan dengan teknik meminjam di kelas 3 memang membutuhkan pemahaman yang baik. Kadang, kita merasa butuh ‘meminjam’ tambahan angka untuk menyelesaikan soal, mirip seperti ketika kita membutuhkan dana tambahan secara cepat. Nah, untuk kebutuhan dana mendesak, Anda bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai pilihan Pinjaman Yang Cepat Cair yang tersedia. Kembali ke materi pengurangan, latihan rutin akan membantu menguasai teknik meminjam ini dan menyelesaikan soal-soal dengan lebih mudah.

Dengan begitu, Anda tak perlu lagi ‘meminjam’ angka secara imajiner!

Contoh: 421 – 185

Angka Satuan Angka Puluhan Angka Ratusan Operasi Peminjaman Hasil
1 – 5 (tidak bisa) 2 (meminjam 1 dari ratusan) 4 (menjadi 3) 2 menjadi 12; 4 menjadi 3 12 – 5 = 7
12 – 8 (tidak bisa, meminjam 1 dari ratusan) 3 (menjadi 2) 12 menjadi 22 22 – 8 = 14
3 – 1 2
Hasil Akhir: 236

Pengurangan Angka Lebih dari Tiga Angka dengan Meminjam

Prinsip meminjam tetap sama, meskipun jumlah digit bertambah. Kita akan meminjam dari nilai tempat yang lebih tinggi secara berurutan hingga kita bisa melakukan pengurangan di tempat nilai yang lebih rendah.

Belajar pengurangan dengan teknik meminjam di kelas 3 memang menyenangkan, ya? Kita belajar bagaimana “meminjam” nilai tempat untuk menyelesaikan soal. Konsep ini, walau sederhana, ternyata mirip dengan situasi keuangan yang lebih kompleks. Bayangkan, terlilit hutang riba dan butuh solusi? Nah, mencari pinjaman untuk melunasi hutang tersebut, seperti yang dijelaskan di Pinjaman Untuk Melunasi Hutang Riba , membutuhkan perencanaan matang, mirip seperti menghitung pengurangan dengan teliti agar tidak salah meminjam angka.

Jadi, pahami dulu konsep meminjam dalam matematika, agar kelak pengelolaan keuangan kita juga cermat.

Sebagai contoh, untuk mengurangi angka seperti 1234 – 567, kita akan meminjam dari ratusan untuk puluhan, dan dari ribuan untuk ratusan jika diperlukan. Langkah-langkahnya tetap sama: identifikasi kebutuhan meminjam, pinjam dari nilai tempat yang lebih tinggi, dan lakukan pengurangan.

Contoh Soal dan Pembahasan

Setelah memahami konsep pengurangan dengan meminjam, mari kita praktikkan dengan beberapa contoh soal. Contoh-contoh berikut akan membantu kalian memahami langkah-langkahnya dengan lebih baik, mulai dari soal yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

Berikut ini disajikan beberapa contoh soal pengurangan dengan meminjam, lengkap dengan penyelesaian langkah demi langkah. Perhatikan baik-baik setiap tahapnya agar kalian dapat menguasai teknik ini dengan sempurna.

Contoh Soal Pengurangan dengan Meminjam

  1. Soal 1 (Mudah): 45 – 23 = …
  2. Soal 2 (Sedang): 72 – 38 = …
  3. Soal 3 (Sedang): 91 – 45 = …
  4. Soal 4 (Sulit): 325 – 187 = …
  5. Soal 5 (Sulit): 603 – 248 = …

Penyelesaian Contoh Soal

Mari kita selesaikan soal-soal di atas satu per satu dengan langkah-langkah yang detail.

  1. Soal 1 (45 – 23): Satuan 5 dikurangi 3 sama dengan 2. Puluhan 4 dikurangi 2 sama dengan 2. Jadi, 45 – 23 = 22.
  2. Soal 2 (72 – 38): Satuan 2 tidak bisa dikurangi 8, maka kita meminjam 1 puluhan dari 7 menjadi 6. Satuan menjadi 12. 12 – 8 = 4. Puluhan 6 – 3 = 3. Jadi, 72 – 38 = 34.
  3. Soal 3 (91 – 45): Satuan 1 tidak bisa dikurangi 5, maka kita meminjam 1 puluhan dari 9 menjadi 8. Satuan menjadi 11. 11 – 5 = 6. Puluhan 8 – 4 = 4. Jadi, 91 – 45 = 46.
  4. Soal 4 (325 – 187): Satuan 5 dikurangi 7 tidak bisa, kita meminjam 1 puluhan dari 2 menjadi 1. Satuan menjadi 15. 15 – 7 = 8. Puluhan 1 dikurangi 8 tidak bisa, kita meminjam 1 ratusan dari 3 menjadi 2. Puluhan menjadi 11. 11 – 8 = 3. Ratusan 2 – 1 = 1. Jadi, 325 – 187 = 138.
  5. Soal 5 (603 – 248): Satuan 3 dikurangi 8 tidak bisa, kita meminjam 1 puluhan dari 0. Karena 0 tidak memiliki nilai, kita meminjam dari ratusan. Ratusan 6 menjadi 5, puluhan menjadi 9, dan satuan menjadi 13. 13 – 8 = 5. Puluhan 9 – 4 = 5. Ratusan 5 – 2 = 3. Jadi, 603 – 248 = 355.

Tips dan Trik Pengurangan dengan Meminjam

Pastikan selalu memeriksa apakah angka satuan cukup untuk dikurangi. Jika tidak, jangan ragu untuk meminjam dari angka di tempat nilai yang lebih tinggi. Latihan yang rutin akan membuat kalian semakin mahir dalam melakukan pengurangan dengan meminjam. Ingatlah untuk selalu menuliskan langkah-langkahnya dengan teliti.

Contoh Soal Cerita

Ibu memiliki 250 buah apel. Ibu memberikan 135 apel kepada tetangganya. Berapa sisa apel yang dimiliki Ibu?

Penyelesaian: 250 – 135 = 115. Ibu masih memiliki 115 buah apel.

Cara Memeriksa Hasil Pengurangan

Untuk memastikan jawaban kita benar, kita dapat melakukan penjumlahan antara hasil pengurangan dengan angka yang dikurangi. Jika hasilnya sama dengan angka yang dikurangi dari, maka jawaban kita benar. Contoh: 250 – 135 = 115. Periksa: 115 + 135 = 250. Jawaban benar.

Aplikasi Pengurangan dengan Meminjam dalam Kehidupan Sehari-hari: Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Kelas 3

Pengurangan dengan meminjam merupakan keterampilan matematika dasar yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Memahami konsep ini membantu kita dalam berbagai situasi, mulai dari berbelanja hingga mengelola keuangan pribadi. Kemampuan ini memastikan perhitungan yang akurat dan menghindari kesalahan dalam transaksi keuangan.

Pengurangan dengan meminjam seringkali dibutuhkan ketika angka yang dikurangkan lebih besar daripada angka yang dikurangi pada suatu tempat nilai. Dengan memahami teknik ini, kita dapat menyelesaikan berbagai permasalahan hitung dengan mudah dan tepat.

Mempelajari pengurangan dengan teknik meminjam di kelas 3 memang butuh latihan ekstra. Konsep meminjam dan mengembalikan nilai puluhan dan satuan agar perhitungan tepat, seringkali membingungkan. Bayangkan saja, konsep meminjam ini mirip seperti kita mengajukan pinjaman, misalnya melihat detailnya di Brosur Pinjaman Kur BRI untuk memahami alur prosesnya. Kembali ke soal pengurangan, pahamilah dengan baik konsep meminjam ini agar perhitungan pengurangan Anda selalu akurat dan tepat.

Dengan latihan yang cukup, pengurangan dengan teknik meminjam akan terasa mudah.

Contoh Situasi Kehidupan Sehari-hari

Berikut beberapa contoh situasi di mana pengurangan dengan meminjam sangat diperlukan:

  • Membeli barang di toko: Menghitung kembalian uang setelah berbelanja seringkali melibatkan pengurangan dengan meminjam, terutama jika jumlah kembalian cukup besar.
  • Membagi uang jajan: Jika ingin membagi uang jajan kepada beberapa teman, dan jumlah uang jajan tidak habis dibagi rata, maka perlu menggunakan pengurangan dengan meminjam untuk menghitung sisa uang.
  • Mengukur bahan makanan: Saat memasak, mengukur bahan makanan yang dibutuhkan terkadang memerlukan pengurangan dengan meminjam untuk menentukan takaran yang tepat.

Ilustrasi Skenario Belanja di Toko

Bayangkan Anda membeli barang seharga Rp 8.750, dan Anda membayar dengan uang Rp 10.000. Untuk menghitung kembalian, kita perlu melakukan pengurangan dengan meminjam. Karena angka 0 pada tempat satuan pada angka 10.000 lebih kecil dari 5 pada angka 8.750, kita perlu meminjam 1 dari angka 0 pada tempat puluhan. Proses meminjam ini berlanjut hingga kita mendapatkan selisihnya, yaitu Rp 1.250.

Penerapan Pengurangan dengan Meminjam dalam Pemecahan Masalah Sederhana

Konsep pengurangan dengan meminjam dapat diterapkan untuk menyelesaikan berbagai masalah sederhana. Misalnya, dalam menghitung selisih antara dua angka yang cukup besar, atau dalam menghitung sisa uang setelah berbelanja. Dengan memahami langkah-langkah pengurangan dengan meminjam, kita dapat dengan mudah dan akurat menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Contoh Soal Menghitung Sisa Uang Setelah Belanja

Ibu memiliki uang Rp 50.000. Ibu membeli beras seharga Rp 23.750 dan gula seharga Rp 12.500. Berapakah sisa uang Ibu setelah berbelanja?

Jawab: Total belanja Ibu adalah Rp 23.750 + Rp 12.500 = Rp 36.250. Sisa uang Ibu adalah Rp 50.000 – Rp 36.250 = Rp 13.750.

Pentingnya Memahami Pengurangan dengan Meminjam

Memahami pengurangan dengan meminjam sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini membantu kita dalam mengelola keuangan dengan lebih baik, menghindari kesalahan perhitungan, dan membuat keputusan yang lebih tepat dalam berbagai situasi yang melibatkan pengurangan angka.

Aktivitas dan Latihan

Setelah memahami konsep pengurangan dengan meminjam, penting untuk mempraktikkan kemampuan tersebut melalui berbagai aktivitas dan latihan. Latihan yang bervariasi akan membantu siswa menguasai teknik ini dengan lebih baik dan meningkatkan pemahaman mereka.

Soal Latihan Pengurangan dengan Meminjam

Berikut tiga soal latihan pengurangan dengan meminjam yang sesuai untuk siswa kelas 3 SD. Soal-soal ini dirancang untuk melatih kemampuan siswa dalam mengaplikasikan teknik meminjam dengan angka yang bervariasi.

  1. 735 – 289 = ?
  2. 921 – 456 = ?
  3. 1542 – 876 = ?

Kuis Singkat Pengurangan dengan Meminjam

Kuis singkat berikut ini akan menguji pemahaman siswa tentang pengurangan dengan meminjam melalui pertanyaan pilihan ganda. Setiap pertanyaan memiliki empat pilihan jawaban, dan siswa harus memilih jawaban yang paling tepat.

  1. Berapakah hasil dari 642 – 378? a) 264 b) 364 c) 274 d) 374
  2. Pengurangan 815 – 539 sama dengan? a) 276 b) 376 c) 286 d) 386
  3. Hasil dari 1234 – 678 adalah? a) 556 b) 656 c) 566 d) 666
  4. Jika kita mengurangi 900 dengan 345, hasilnya adalah? a) 555 b) 655 c) 565 d) 665
  5. Berapakah selisih antara 1483 dan 795? a) 688 b) 788 c) 698 d) 798

Permainan Edukatif Pengurangan dengan Meminjam, Pengurangan Dengan Teknik Meminjam Kelas 3

Permainan edukatif dapat membuat pembelajaran pengurangan dengan meminjam menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Salah satu contoh permainan yang dapat diterapkan adalah “Lomba Mengurangi”. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberikan soal pengurangan dengan meminjam. Kelompok yang menyelesaikan soal dengan benar dan tercepat akan memenangkan permainan.

Referensi Sumber Belajar Tambahan

Untuk memperdalam pemahaman tentang pengurangan dengan meminjam, siswa dapat merujuk pada buku teks matematika kelas 3 SD, website edukasi matematika online, atau aplikasi pembelajaran matematika yang tersedia. Banyak sumber belajar yang menyediakan penjelasan, contoh soal, dan latihan tambahan.

Lembar Kerja Pengurangan dengan Meminjam

Lembar kerja yang berisi soal-soal pengurangan dengan meminjam dengan tingkat kesulitan yang bervariasi akan membantu siswa untuk berlatih secara mandiri dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Lembar kerja dapat disusun dengan soal-soal yang dimulai dari tingkat kesulitan mudah hingga yang lebih kompleks.

Contoh soal dalam lembar kerja dapat dimulai dengan pengurangan dua angka tanpa meminjam, kemudian berlanjut ke pengurangan tiga angka dengan meminjam di satuan, puluhan, dan ratusan. Tingkat kesulitan dapat ditingkatkan dengan menambahkan soal cerita atau soal yang melibatkan pengurangan bilangan yang lebih besar.

Pengurangan dengan Teknik Meminjam

Pengurangan dengan teknik meminjam merupakan strategi penting dalam matematika untuk menyelesaikan soal pengurangan di mana angka yang akan dikurangi lebih kecil daripada angka di atasnya pada kolom yang sama. Teknik ini membantu kita untuk tetap melakukan pengurangan dengan tepat meskipun terdapat angka yang lebih kecil di tempat satuan, puluhan, atau ratusan.

Arti “Meminjam” dalam Pengurangan

Dalam konteks pengurangan, “meminjam” berarti mengambil satu nilai dari tempat nilai yang lebih tinggi untuk menambah nilai pada tempat nilai yang lebih rendah. Misalnya, jika kita meminjam dari kolom puluhan, kita mengambil 10 satuan dari kolom puluhan untuk ditambahkan ke kolom satuan. Bayangkan seperti meminjam uang dari teman, kemudian mengembalikannya setelah kita punya cukup uang.

Kondisi Penggunaan Teknik Meminjam

Teknik meminjam digunakan ketika angka yang akan dikurangi pada suatu tempat nilai lebih besar daripada angka di atasnya. Contohnya, ketika kita mengurangi 35 dari 62, kita akan perlu meminjam dari kolom puluhan karena 5 (satuan) lebih besar dari 2 (satuan).

Cara Memeriksa Kembali Jawaban Pengurangan dengan Meminjam

Untuk memeriksa jawaban, kita dapat menggunakan penjumlahan. Jumlahkan hasil pengurangan dengan angka yang dikurangi. Jika hasilnya sama dengan angka yang dikurangi dari, maka jawaban pengurangan kita benar. Contoh: 62 – 35 = 27. Periksa: 27 + 35 = 62. Karena hasilnya 62, maka jawaban 27 adalah benar.

Proses Meminjam Secara Detail

Mari kita lihat contoh 62 – 35. Karena 5 lebih besar dari 2, kita meminjam 1 dari kolom puluhan (6). Kolom puluhan menjadi 5 (6-1=5), dan kolom satuan menjadi 12 (2+10=12). Sekarang kita kurangi: 12 – 5 = 7 (satuan) dan 5 – 3 = 2 (puluhan). Jadi, jawabannya adalah 27.

Mengajarkan Pengurangan dengan Meminjam kepada Anak Kelas 3 SD

Beberapa strategi efektif untuk mengajarkan pengurangan dengan meminjam kepada anak kelas 3 SD antara lain:

  • Gunakan alat peraga konkret seperti balok satuan dan puluhan untuk memvisualisasikan proses meminjam.
  • Mulailah dengan contoh-contoh sederhana dan secara bertahap tingkatkan tingkat kesulitan.
  • Berikan banyak latihan soal dan pastikan anak memahami konsep meminjam sebelum beralih ke soal yang lebih kompleks.
  • Gunakan permainan atau aktivitas interaktif untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik.
  • Berikan umpan balik yang positif dan konstruktif untuk memotivasi anak.